Mari Bersepeda

9 April, 2012 | Edisi: | Kategori: Khazanah Kata Bahasa Indonesia

Oleh Kenan Fabri Hartanto

Sepeda adalah alat transportasi tak bermesin. Mengendarainya menuntut kita untuk mengeluarkan lebih banyak waktu dan tenaga. Di tengah hidup yang kian diburu waktu ini, sepeda tentu menjadi pilihan kesekian dalam berkendara. Tapi, kini sepeda sedang naik daun; hadirnya tren sepeda fixed-gear atau fixie sepertinya telah mengangkatnya kembali ke permukaan. Sekarang semakin banyak orang yang rela merogoh kantongnya untuk membeli sepeda, apapun itu jenisnya. Orang yang memilih untuk bersepeda pun, terlepas dari frekuensinya, kian bertambah.

Jika teman-teman pembaca memasukkan kata kunci ‘bagian sepeda’ atau ‘jenis sepeda’ dalam mesin pencari di internet maka yang akan muncul adalah gambar-gambar sepeda dengan nama bagian dan jenisnya yang tertulis dalam bahasa Inggris. Aneh memang. Apakah memang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia?

Menanggapi hal tersebut saya pun berusaha mencari padanan istilah-istilah tersebut. Dalam pencarian saya mencoba bertanya tentang istilah-istilah persepedaan pada beberapa kawan, termasuk mereka yang hobi bersepeda, dan tak lupa saya juga mencoba mencarinya dari sumber-sumber tertulis seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Beberapa padanan yang saya ajukan adalah istilah dalam bahasa Jawa, dan ada juga yang berupa istilah dari daerah Sumatra Utara, sisanya saya coba reka-reka sendiri atau sedikit memodifikasi takrif yang saya temukan di kamus. Berikut beberapa padanan yang berhasil saya himpun:

Wheel : roda

Rim : lingkar roda

Spokes : ruji, jari roda

Fork : porok, garpu

Handlebar : setang

Brake : rem

Coasterbrake : rem torpedo

Shifter : operan gigi

Frame : rangka

Gear : gigi tarik (dapat diringkas jadi girik)

Frontgear : girik depan

Sprocket : girik belakang

Fixedgear : girik tetap

Pedal : pedal, pengayuh

Chain : rantai

Saddle : sadel, jok sepeda

Bikerack : boncengan

Bikestand : topangan sepeda

Fender : sepatbor

Biking : bersepeda

Drifting : ngepot

Coasting : diser, dilos

Mountainbike : sepeda gunung

Downhill bike : sepeda rosot-bukit

Foldingbike : sepeda lipat (sering disingkat seli)

(Belum ada jempol)
Loading ... Loading ...

Berikan Komentar