Sosiolinguistik 4

21 November, 2010 | Edisi: | Kategori: Kultukal

Oleh Nikodemus Wuri Kurniawan

Salam!

Setelah murid encik membahas pijin pada edisi yang lalu, kini encik dosen tamu harus memberikan pembahasan lanjutan. Kali ini encik dosen tamu tidak menugasi murid untuk menulis di kolom ini, encik dosen tamu hanya menyuruh mereka berdoa, semoga encik dosen tamu bisa menulis dengan baik. Nah, marilah kita belajar!

  1. Kreol adalah pijin yang dipakai sebagai bahasa asli oleh suatu masyarakat (sudah mempunyai penutur asli) dan anak-anak mereka mempelajari kreol sebagai bahasa pertama.
  2. Dengan kata lain, kreol sudah sama seperti bahasa-bahasa lain pada umumnya (banyak bahasa yang pada awalnya pijin sekarang sudah menjadi kreol).
  3. Kreol menjadi bahasa yang lebih maju daripada pijin dalam kosakata dan tata bahasa.
  4. Perkembangan tersebut tentu dimaksudkan untuk mengungkapkan beragam makna dan fungsi yang memang dipunyai oleh bahasa pertama.
  5. Contoh tata bahasa kreol Roper River Australia: im megim ginu ‘he makes a canoe’ (dia [laki-laki] membuat kano, waktu sekarang); im bin megim ginu ‘he made a canoe’ (dia [laki-laki membuat kano, waktu lampau); im megimbad ginu ‘he is making a canoe’ (dia [laki-laki] sedang membuat kano, waktu sekarang, progresif); im bin megimbad ginu ‘he was making a canoe’ (dia [laki-laki] sedang membuat kano, waktu lampau, progresif).
  6. Dengan melihat contoh tersebut, kita bisa mengatakan bahwa kalimat waktu lampau akan ditunjukkan dengan partikel bin, sedangkan untuk jenis progresif akan ditunjukkan dengan akhiran -bad yang mengikuti kata kerja.
  7. Dengan status seperti ini, kreol bisa dipakai dalam segala bidang-politik, pendidikan, administrasi, sastra (untuk menerjemahkan karya Shakespeare pun bisa), dan sebagainya.

Rupanya doa murid encik terkabul. Amin.

Holmes, James. 2001. An Introduction to Sociolinguistics. Edisi ke-2. London: Longman.

Fromkin, Victoria dan Robert Rodman, R. 1988. An Introduction to Language. Edisi ke-4. New York: Holt, Rinehart & Winston, Inc.

(Belum ada jempol)
Loading ... Loading ...

Berikan Komentar