Tata Cahaya

23 Mei, 2010 | Edisi: | Kategori: Khazanah Kata Bahasa Indonesia

Oleh Maria Anindita Pranoto

Tata Cahaya

Sumber: http://images.google.com

Selama satu semester belakangan ini saya mengikuti matakuliah Play Performance – sebuah matakuliah pertunjukan drama yang mewajibkan para peserta kuliah mementaskan sebuah naskah drama berbahasa Inggris. Pementasan drama diselenggarakan di aula, sebuah ruangan tertutup yang cukup luas, di kampus saya. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing beranggotakan 12 orang. Saya termasuk anggota kelompok 2. Di kelompok itu, saya ditunjuk untuk menjadi penanggung jawab tata cahaya, dan dari situlah saya berkenalan dengan dunia tata cahaya, atau yang kerap disebut lighting.

Selama kurang lebih 2 bulan, saya ikut ‘membantu’ teman-teman saya mengurusi tata cahaya di berbagai panggung pertunjukan. Selama itu pula saya mulai akrab dengan istilah-istilah yang digunakan di bidang tata cahaya panggung. Dunia tata cahaya ternyata tidak sesederhana yang saya kira; di sini ternyata juga terdapat istilah-istilah khusus yang tidak sedikit. Dari ratusan istilah yang ada, baru beberapa saja yang mempunyai padanan kata dalam Bahasa Indonesia.

Di sini saya tawarkan padanan Bahasa Indonesia untuk istilah-istilah tata cahaya yang baru saya kenal selama 2 bulan belakangan ini. Semoga tawaran saya bisa membantu menjelaskan maksud dari istilah-istilah tersebut.

Lighting: tata cahaya

Audience: (lampu untuk) penonton

General: (lampu) umum

Patching: pengelompokkan

Spot: titik

Blackout: gelap mendadak

Fade in: menerang

Fade out: meredup

Focus: konsentrasi arah

Back light: cahaya belakang

Front light: cahaya depan

Top light: cahaya atas

Side light: cahaya samping

Bar: bentangan

Dimmer: peredup

Frame: bingkai

Filter: jel warna

Fitting: dudukan

Floor: (lampu) bawah

Tripod: kakitiga

Spotlight: lampu sorot

Demikian istilah-istilah yang berhasil saya temukan padanannya untuk sekarang ini. Untuk masalah penggunaannya, terserah Anda saja sebagai (calon) penutur. Sampai jumpa lagi di lain waktu. Salam Jilat!

(Belum ada jempol)
Loading ... Loading ...

Berikan Komentar