Sosiolinguistik

23 Mei, 2010 | Edisi: | Kategori: Kultukal

Oleh Nikodemus Wuri Kurniawan

Murid              :  Cik, bahasa Inggrisnya bensin apa?

Encik Dosen    : Gampang! Pasti gas.

Murid              : Bukannya petrol, Cik?

Encik dosen salah? Tentu saja tidak! Encik dosen menjawab dengan kosakata Inggris Amerika, sedangkan Si Murid dengan Inggris Britania – dua kosakata untuk menyebut hal yang sama. Encik dosen ingat kalau gejala seperti ini termasuk dalam dialek regional – Inggris Amerika dan Inggris Britania tetap saja bahasa Inggris, hanya saja penuturnya dipisahkan oleh lautan luas sehingga masing-masing daerah memunculkan kosakata yang berbeda untuk menyebut hal yang sama. Nah, kosakata… dialek regional… dan…? Sosiolinguistik!

  1. Sosiolinguistik adalah ilmu yang mempelajari ciri dan fungsi berbagai variasi bahasa, serta hubungan di antara bahasawan dengan ciri dan fungsi tersebut dalam suatu masyarakat bahasa (Fishman, 1971: 4).
  2. Tidak ada masyarakat yang seragam, demikian juga bahasa yang dibuktikan dengan variasi-variasinya.
  3. Variasi bahasa dapat dipandang secara diakronis dan sinkronis.
  4. Secara diakronis, dapat kita bedakan tahap-tahap bahasa yang berbeda-beda dari waktu ke waktu, misalnya bahasa Melayu Sriwijaya dan bahasa Melayu klasik merupakan variasi klasik dari bahas Melayu/Indonesia.
  5. Secara sinkronis, variasi-variasi bahasa dapat dibedakan menurut pemakaian bahasa dan pemakai bahasa (Halliday, Machintosh, Stevens, 1964: 87).
  6. Dari segi pemakai bahasa, dapat dibedakan dialek regional (geografis), dialek sosial, dialek khusus, dan idiolek.
  7. Dari segi pemakaian bahasa, variasi-variasi bahasa disebut ragam bahasa, yang dapat dibagi-bagi menurut bidang pembicaraan, cara berbicara, dan hubungan di antara pembicara.

Sambil membawa sebuah benda, Si Murid bertanya, “Ini pail atau bucket, Cik?

Sumber acuan:

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende: Penerbit Nusa Indah.

Fishman, J.A (ed.). 1971. Sociolinguistics, a Brief Introduction. Rowly: Newbury House.

Halliday, M.A.K. & A. Machintosh & P. Stevens (eds.). 1964. The Linguistics Sciences and Language Teaching. London: Longman.

(Belum ada jempol)
Loading ... Loading ...

Berikan Komentar